Senin, 18 Oktober 2010

PROFIL DESA TEGALLURUNG

DESA TEGALLURUNG KECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG

Wilayah Kecamatan Bulu yang merupakan salah satu dari 20 kecamatan di kabupaten Temanggung berbatasan dengan : wilayah Barat dengan Kecamatan Parakan dan Kledung, Wilayah Utara dengan Kecamatan Kedu, Sebelah Timur Kecamatan Temanggung dan Tlogomulyo dan Sebelah Selatan dengan Kecamatan Tlogomulyo. Yang  terletak pada Ketinggian tanah rata-rata 772 m dpl dengan suhu antara 29 oC dan 18 oC. Dengan rata-rata jumlah hari hujan 64 hari dan banyaknya curah hujan 22 mm/th. Kecamatan Bulu luas wilayah 4304 ha, dengan jumlah penduduk 43.180 orang dan mempunyai 19 desa.
Salah satu dari 19 desa/kelurahan di kecamatan Bulu adalah Desa Tegallurung yang terletak di ketinggian 700 m dari permukaan laut dan berjarak 1,5 km dari ibu kota kecamatan Bulu dan 4,71 km dari ibu kota Kabupaten. Desa Tegallurung terdapat  2 dusun terdiri dusun tegallurung dan dusun jetisan dan terdiri 2 Rukun warga (RW) dan 10 Rukun tetangga (RT) dan terdapat 413 Rumah tangga. Jumlah penduduk 1457 jiwa. Penduduk usia 15tahun keatas bermata pencaharian Petani,  & Komunikasi, dan lainnya.
Untuk sumber air minum berasal dari Leding/PAM dan Mata Air. Dan untuk penerangan 588 menggunakan PLN dan - rumah tangga menggunakan penerangan lain non PLN.
Untuk sarana pendidikan terdapat 1 unit TK, 1 unit SD, 1 MI, 1 unit TPQ, - unit Smp, dan - unit SMU.
Untuk sarana Ibadah terdapat 2 unit Masjid dan 3 Musholah.
Bidang Kesehatan terdapat Prasarana kesehatan 1 unit Posyandu desa.
Tanaman pangan yang dikembangkan di desa ini adalah Padi,  Tanaman sayuran yang dikembangkan berupa Cabe dan Kubis. Buah-buahan yang dikembangkan adalah -. Sedangkan tanaman perkebunan yang dikembangkan berupa Tembakau.
Ternak yang dikembangkan di desa tersebut berupa Sapi dan Itik.
Sumber :
Kecamatan Bulu dalam angka 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar